Breaking News

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda pada Satu Dokumen

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda pada Satu Dokumen

Jika anda ingin melihat tutorialnya dalam bentuk video, maka bisa dilihat video berikut:

Nomor halaman adalah salah satu hal yang sangat penting salam pembuatan sebuah dokumen seperti buku, makalah, laporan, skripsi, tugas akhir atau dokumen yang lain. Cara menyisipkan nomor halaman sangatlah mudah. Tinggal klik menu Insert, lalu klik Page Number, lalu pilih posisi nomor halaman yang diinginkan, misalnya "Top of Page" yang artinya kita menempatkan nomor halaman dengan posisi di atas.



Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut:
Cara Membuat Nomor Halaman

Tetapi seringkali kita menemukan penomoran halaman yang posisinya berbeda-beda pada satu dokumen itu. Sebagai contoh, pada sebuah makalah atau skripsi kita bisa melihat bahwa di halaman awal seperti Kata Pengantar, Daftar Isi dan halaman pendahuluan yang lain biasanya menggunakan nomor halaman romawi kecil. Sedangkan pada halaman inti, mulai dari BAB I sampai BAB terakhir biasanya menggunakan nomor halaman yang berupa angka numerik.

Untuk dapat membuat penomoran halaman yang berbeda seperti itu, maka kita bisa melakukan langkah berikut:
1. Tempatkan kursor pada halaman pertama, kemudian klik Insert -> Page Number -> Format Page Numbers...
Cara Memilih Bentuk Nomor Halaman

2. Akan muncul kotak dialog Page Number Format. Selanjutnya pilih bentuk penomoran romawi kecil (atau sesuai kebutuhan), lalu pada parameter Start at diisi dengan "i" (satu), lalu klik OK.
Cara Memilih Bentuk Nomor Halaman

Sampai tahap ini kita sudah selesai memberikan penomoran halaman romawi kecil pada halaman-halaman pendahuluan. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut:
Hasil Pembuatan Nomor Halaman Romawi Kecil


3. Langkah selanjutnya adalah membuat penomoran halaman untuk halaman inti dengan menggunakan nomor halaman berupa angka numerik. Caranya:
Tempatkan kursor di akhir paragraf pada halaman yang menggunakan angka romawi. Misalnya, dalam contoh di sini, halaman terakhir yang menggunakan halaman romawi kecil adalah halaman DAFTAR ISI. Jadi, tempatkan kursor di akhir halaman DAFTAR ISI.
Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Satu Dokumen

4. Selanjutnya, tekan tombol "Delete" atau "Del" pada keyboard (beberapa kali) sampai teks yang ada pada halaman berikutnya menempel dengan halaman tersebut. Pada contoh ini, halaman berikutnya setelah halaman DAFTAR ISI adalah halaman BAB I. Jadi, tampilannya seperti gambar berikut:
Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Satu Dokumen

5. Klik "Page Layout" lalu klik "Breaks" lalu klik "Next Page"
Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Satu Dokumen

Setelah langkah di atas dilakukan , maka kursor akan pindah ke halaman berikutnya dengan kondisi nomor halaman kembali lagi ke angka 1 romawi (i).
Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Satu Dokumen

6. Selanjutnya kita tinggal ubah format nomor halamannya menjadi nomor halaman angka numerik. Caranya:
Double Klik nomor halaman romawi (i) yang ada pada halaman BAB I. Setelah itu maka akan aktif Tab "Design". Lalu klik "Page Number" -> "Format Page Numbers..."
Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Satu Dokumen

7. Selanjutnya akan muncul kotak dialog "Page Number Format". Pilih parameter "Number Format" dengan format angka numerik, kemudian "Start at" diisi dengan "1" lalu klik OK.
Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Satu Dokumen

Selesai.



Jika masih kurang jelas, anda juga bisa menonton tutorial versi vodeonya di sini:



Semoga bermanfaat.

Saran & Kritik, silakan dikirim via e-mail ke:
azzaury@gmail.com

Jangan lupa kunjungi juga Pusat Cara Cara di:
Facebook Fans Page
Google+

Terima kasih.

No comments